Aciclovir 5% Krim

Komposisi

Tiap gram krim mengandung aciclovir 50 mg.

Cara Kerja Obat

Aciclovir adalah analog dengan acyclic purine nucleoside yang secara in vitro dapat menghambat secara aktif dan selektif virus herpes simplex (HSV) tipe l dan HSV tipe II, Varicella zoster, Epstein-Barr, dan cytomegalovirus. Di dalam sel, aciclovir mengalami phosphorylation menjadi bentuk aktif aciclovir trifosfat yang bekerja dengan cara mengadakan gangguan pada DNA polymerase sehingga terjadi hambatan replikasi DNA-HSV tanpa memengaruhi proses sel yang normal.

Indikasi

Pengobatan infeksi virus herpes simplex pada kulit dan selaput lendir, termasuk herpes genitalis yang inisial dan recurrent.

Dosis

Oleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang mengalami lesi, 5 kali sehari setiap 4 jam selama 5 hari. Pengobatan akan tercapai dengan baik jika dimulai pada awal terjadinya tanda/gejala infeksi. Jika dalam 5 hari penyembuhan belum sempurna, dapat diperpanjang sampai 10 hari.

Peringatan dan Perhatian

  • Krim aciclovir tidak boleh digunakan untuk membran mukosa seperti mulut, mata, dan vagina karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Jika digunakan pada daerah sekitar mata harus hati-hati untuk menghindari terkontaknya obat dengan mata.

Efek Samping

Beberapa pasien dapat mengalami rasa terbakar sementara setelah menggunakan krim aciclovir. Kekeringan pada kulit terjadi pada 25% penderita yang menggunakan krim aciclovir.

Kontraindikasi

Untuk penderita yang hipersensitif terhadap aciclovir dan propylene glycol.

Cara Penyimpanan

Simpan di bawah 30°C.

Kemasan dan Nomor Registrasi

Aciclovir 5% krim, kotak 25 tube @ 5 g.

No. Reg. GKL9620919229A1

Diproduksi oleh: PT Indofarma, Bekasi – Indonesia

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

313total visits,1visits today