BUMN Hadir untuk Negeri 2019

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sukses melaksanakan Peringatan HUT RI ke-74 yang diadakan di Sulawesi Tenggara. Serangkaian kegiatan yang diberi nama BUMN HADIR UNTUK NEGERI dalam rangka HUT RI ke 74 berlangsung sejak bulan Juni sampai dengan Agustus 2019 dengan beragam kegiatan, seperti Safari Ramadhan (Santunan Anak Yatim, bantuan Panti Asuhan, Bantuan Al Qurán), Upacara HUT RI, Aneka Lomba Rakyat, Jalan Sehat, Pameran Mitra Binaan, Kuliner Gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, dan beberapa bantuan kebutuhan dasar, antara lain pasar murah, bantuan biaya sekolah bagi siswa-siswi berprestasi namun kurang mampu, bantuan bedah rumah warga, bantuan MCK, penyediaan sarana air bersih serta yang paling menarik adalah pertukaran Siswa Sultra ke Bangka Belitung dan sebaliknya atau yang disebut Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh ketiga BUMN ini Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan tepat pada 17 Agustus 2019 di lapangan Antam, Pomalaa. Selain itu, diselenggarakan pula Jalan Sehat pada 18 Agustus 2019 yang melibatkan sekitar 3.000 peserta jalan sehat se-Kabupaten Kolaka, Sultra. Acara yang juga dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka dan jajaran Direksi dari Antam, Jasindo, dan Indofarma berlangsung sangat meriah dengan berbagai hadiah menarik. Dalam kesempatan tersebut juga dipamerkan beberapa karya Mitra Binaan BUMN, pemeriksaan keseharan gratis dan tentu saja Kuliner Gratis yang sampai akhir acara masih menjadi favourite peserta.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang turut aktif dalam acara jalan sehat tersebut pada kata sambutannya menyatakan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Antam, Jasindo, dan Indofarma yang telah memberikan perhatian sangat baik bagi warga Sultra. Khususnya pada masyarakat Kabupaten Kolaka sekitarnya serta menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. Beliau mengharapkan bantuan ini tidak hanya berhenti sampai pada Kabupaten ini saja, namun BUMN lain juga dapat kiranya memberikan perhatian dan bantuan bagi masyarakat di bagian daerah Sultra lainnya megingat masih cukup banyaknya masyarakat yang memerlukan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Bantuan yang diberikan ini dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat terhadap sembako, saluran air bersih dan renovasi rumah serta bantuan biaya pendidikan.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga diberikan bantuan 4.000 paket Sembako Murah kepada masyarakat di Sultra khususnya pada beberapa lokasi seperti di Kolaka, Ponduwae, Ranosangia dan Matausu. Paket sembako senilai Rp 100.000,- terdiri dari minyak goreng, sarden, gula, garam dan beras ini dijual dengan harga Rp 25.000/ paket dimana seluruh hasil penjualan disumbangkan kepada rumah rumah ibadah disekitar Sultra.

Dalam program SMN, sebanyak 23 siswa siswi berprestasi dari 17 Kabupaten di Sultra dimana 3 orang diantaranya adalah penyandang disabilitas, diberangkatkan ke Bangka Belitung untuk mengikuti Study Tour mengenal sejarah Bangka Belitung dan mengikuti pelatihan Bela Negara, mengunjungi beberapa tempat bersejarah, mempelajari kesenian dan budaya daerah setempat. Kepada mereka diwajibkan membuat catatan perjalanan yang kemudian akan di kompilasi menjadi satu buku Diary SMN 2019.

Puncak kegiatan Pisah Sambut SMN dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019 bertempat di Kendari, dimana BUMN pelaksana saling bertukar siswanya dan membawa mereka kembali ke masing-masing Provinsi. Dalam acara pisah sambut ini peserta SMN dari Sultra dan Bangka Belitung saling bertemu dan mereka memperagakan kesenian daerah yang telah dipelajari baik di Sultra maupun di Bangka Belitung.

Kegiatan BUMN HADIR UNTUK NEGERI merupakan satu kegiatan yang di inisiasi oleh Kementrian BUMN dan dilaksanakan serentak di 34 Provinsi dengan pelaksana adalah seluruh BUMN yang ada. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kondisi dan mendorong agar BUMN di Indonesia dapat memberikan sumbangan yang terbaik bagi Negeri dan Rakyat Indonesia. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015 secara berkesinambungan. Sebagai Komitmen untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia.

66total visits,1visits today