Industri Farmasi

Sesuai dengan Anggaran Dasar bahwa pendirian perusahaan adalah untuk menyediakan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di bidang farmasi, diagnostik, alat kesehatan serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi, berdaya saing kuat, dan mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

Segmen usaha obat merupakan bidang fundamental dalam kegiatan usaha Perseroan. Segmen ini termasuk produksi obat-obatan, pemasaran dan distribusi serta penjualan. Perseroan memiliki fasilitas produksi yang berada di Cikarang Barat, Jawa Barat. Hingga akhir tahun 2016, Perseroan telah memiliki 253 Persetujuan Izin Edar baik yang dikeluarkan oleh Badan POM RI maupun Kementerian Kesehatan RI dengan kelompok produk yaitu:

  1. Ethical Generik (OGB)
  2. Ethical Branded
  3. Over The Counter (OTC)
  4. Alat Kesehatan

Kelompok produk Ethical Generik (OGB) dengan jumlah mencapai 179 item produk sebagian besarnya merupakan pemenuhan kebutuhan obat-obatan masyarakat. Perseroan mengacu pada keputusan Menteri Kesehatan No. HK.02.02/ Menkes/523/2015 tentang Formularium Nasional (FORNAS) sebagaimana terakhir diubah dengan No. HK.02.02/Menkes/636/2016. FORNAS tersebut untuk menjamin obat yang bermutu bagi masyarakat dalam rangka pelaksanaan JKN.

Kementerian Kesehatan membagi FORNAS ke dalam 29 Kelas Terapi berdasarkan kelompok kerja obat. Dari 29 Kelas Terapi Formularium Nasional, Perseroan melalui produk Ethical Generik (OGB) telah berkontribusi di 18 Kelas Terapi Formularium Nasional dengan jumlah produk sebanyak 145 item produk.

Sebagai perusahaan farmasi tentunya Perseroan senantiasa taat dan patuh pada regulasi industri farmasi. Berikut adalah sertifikasi yang diterima Perseroan selama lima tahun terakhir dan masih berlaku hingga saat ini:

  1. Sertifikat ISO 9001:2008 Issue 8 No. ID03/00102 Produksi dan Pemasaran Produk Obat, Obat Tradisional, Injeksi, Drop, Tablet, Kapsul, Serbuk, Salep, Krim, Sirup, Sirup Kering, Suspensi, Larutan dan Sachet
  2. Sertifikat CPOB No. 3865/CPOB/A/XII/12 , Bentuk Sediaan Semisolid Nonbetalaktam
  3. Sertifikat CPOB No. 4361/CPOB/A/IV/15 , Bentuk Sediaan Tablet Biasa dan Tablet Salut Nonbetalaktam
  4. Sertifikat CPOB No. 4362/CPOB/A/IV/15 , Bentuk Sediaan Kapsul Keras Nonbetalaktam
  5. Sertifikat CPOB No. 4363/CPOB/A/IV/15 , Bentuk Sediaan Serbuk Oral Nonbetalaktam
  6. Sertifikat CPOB No. 4364/CPOB/A/IV/15 , Bentuk Sediaan Cairan Oral Nonbetalaktam
  7. Sertifikat Halal No. 00180072030315 untuk produk Taburia kategori Suplemen dan Makanan
  8. Izin Penyalur Alat Kesehatan, yaitu Elektromedik Non Radiasi, Non Elektromedik Non Steril, Non Elektromedik Steril, dan Produk Diagnostik In Vitro
  9. Izin Industri Obat Tradisional untuk Sediaan Setengah Padat (Gel)
  10. Angka Pengenal Importir-Produsen (API/P)
  11. Izin Prinsip Penanaman Modal Dalam Negeri untuk Industri Peralatan Kedokteran, Perlengkapan Ortopedik dan Prostetik
  12. Izin Prinsip Penanaman Modal Dalam Negeri untuk Industri Tepung Beras dan Tepung Jagung.